Facebook Bakal Konsisten Tindak Tegas Konten Kebencian

-

Masih segar di ingatan warganet mengenai oknum seperti Muslim Cyber Army (MCA) yang menyalahgunakan agama untuk menebar isu-isu negatif di media sosial, seperti Facebook.
Dalam pertemuannya dengan media, Facebook menegaskan bila ajaran agama dipakai sebagai dasar untuk mencela pihak lain, maka Facebook akan konsisten bertindak tegas.

"Kami mempunyai pendirian tegas melawan ujaran kebencian. Kami mengawasi adanya serangan terlebih dulu, baik serangan itu berdasarkan opini sendiri, atau yang dirasa sebagai kredo (tuntunan) agama, atau yang dianggap sebagai ajaran agama," ucap Sheen Handoo, Content Public Policy Facebook APAC, Jumat (18/5/2018) di Jakarta.
Sebagai informasi, "serangan" menurut Facebook adalah ujaran kasar atau merendahkan, dan mengajak untuk menjauhi atau mengucilkan.

"Bila kamu menyerang orang lain, seperti orientasi seksual mereka, atau etnis, atau agama, kami tidak izinkan di platform ini," lanjut Sheen.
Sheen turut menjelaskan bahwa Facebook tidak akan tebang pilih dalam melawan ujaran kebencian, yang berarti konten-konten yang menghina agama mana pun akan terancam dihapus oleh Facebook.
"Kebijakan kita membolehkan kritik pada agama, pemikiran, institusi, dan tindakan, tetapi tidak mengizinkan menyerang orang-orang yang menganut ajaran agama tersebut," tegas Sheen.
Apabila mendebatkan opini atau ide, Sheen menjelaskan hal tersebut bebas dilakukan di Facebook, karena platform tersebut memang dirancang agar menjadi tempat yang aman bagi orang-orang untuk menyuarakan pendapatnya.
"Kami tetap mengizinkan orang menantang ideologi, kami izinkan orang untuk menantang institusi, atau menantang pemikiran, jadi orang-orang bebas melakukannya di platform ini. Asalkan tidak menyerempet hal lain, seperti menyerang orang berdasarkan hal seperti orientasi seksual dan sebagainya, maka kami akan menghapus konten itu," lanjut Sheen.


sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3530203/facebook-bakal-konsisten-tindak-tegas-konten-kebencian
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Dreamteknopedia. Diberdayakan oleh Blogger.